Koppi Siaga 24 Jam Pantau Penyebaran Covid-19 Warga Setempat

Lampung Selatan, MINA – Komunitas Pemuda Pemudi Inspiratif (Koppi) Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan bersiaga siang malam menjaga Posko Siaga Informasi dan Pelaporan Corona Virus (Covid 19).

Pendiri Koppi Ageng Syaiful Anwar mengatakan, posko tersebut telah dibuka mulai 4 April 2020 dan menjadi pusat konsultasi warga yang baru tiba dari bepergian luar kabupaten maupun provinsi.

“Warga setempat juga bisa mendapatkan informasi seputar Covid-19 melalui poster yang telah disiapkan,” katanya.

Ia juga mengatakan motivasi diadakannya posko, aksi disinfeksi, pembagian masker dan penyuluhan rutin sebab warga Desa Malang Sari terkadang menganggap virus Corona merupakan hal yang biasa

Di samping itu, menurut Ipul sapaan akrabnya antusias warga untuk berkonsultasi sangat tinggi, saat ini sudah ada 18 warga yang melaporkan riwayat perjalannya yang kemudian menjadi Orang Dalam Pantauan (ODP).

“Mereka ini lalu dipantau kondisi kesehatannya selama 14 hari oleh petugas medis,” jelas Ipul.

Untuk tetap menerapkan Social Distancing, petugas medis memanfaatkan media WhatsApp dan SMS dalam pemantauan harian melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab sesuai kondisi badan saat itu.

Posko tersebut merupakan hasil kerjasama Koppi, ACT Lampung, PATBM Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, YPSK-LDA, Childfund, Kader Posyandu, Bidan Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (R/cha/RS3).

Mi’raj News Agency (MINA).