Korban Banjir Bandang Libya Diprediksi Capai 5.300 Orang

(Foto: Istimewa)

Tripoli, MINA – Korban jiwa akibat bandang yang melanda diprediksi mencapai 5.300 orang. Pemerintah Libya menyatakan hal tersebut pada Selasa (12/9).

Ketua delegasi Palang Merah Libya Tamer Ramadan juga menyebut jumlah korban jiwa bisa lebih dari 5.000 orang. Dia mengatakan 10 ribu orang juga masih hilang.

Dalam informasi media internasional, Kota Derna bagian timur mengalami kerusakan terparah. Menteri Kesehatan Libya Othman Abduljalil menyebut sedikitnya 6.000 orang di daerah tersebut masih dinyatakan hilang.

Rumah sakit di Derna pun sudah tidak beroperasi karena banjir yang menerjang. Kamar mayat penuh. Tak sedikit jenazah korban yang ditinggalkan di trotoar.

“Tak ada layanan darurat. Saat ini orang-orang sedang bekerja untuk mengumpulkan jenazah,” ucap dokter sukarelawan Anas Barghathy.

Baca Juga:  Laporan UHRP: Satu dari 26 Warga Uighur Dipenjara di Tiongkok

Banjir yang melanda wilayah timur Libya itu terjadi pada Senin lalu (11/9) imbas hujan deras dan badai Daniel.

Bencana kian parah ketika bendungan di atas Kota Derna jebol. Diprediksi seluruh penduduk di Derna hanyut hingga ke laut.

Sejumlah video yang tersebar di media sosial memperlihatkan arus deras mengalir di pusat kota. Hampir seluruh bangunan yang dilewati arus banjir hancur di kedua sisi jalan.

Stasiun televisi Almostkbal di Libya Timur menyiarkan cuplikan yang menunjukkan orang-orang terlantar di atap kendaraan dan bangunan mereka sembari meminta pertolongan. Sebagian mobil-mobil itu ikut hanyut terbawa arus banjir.

Sementara itu, empat pelabuhan. minyak utama di Libya yakini Ras Lanuf, Zueitina, Brega, dan Es Sidra ditutup sejak Sabtu malam selama tiga hari. (R/R1/RS2)

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.