Korban Banjir di Pakistan Pulang ke Rumah dan Mulai Dari Nol

Banjir Pakistan di distrik Dadu, Provinsi Sindh, Pakistan Selatan. (AA)

Dadu, Pakistan, MINA – Korban banjir Pakistan telah kembali ke desanya masing-masing, tetapi mereka harus memulai dari nol.

Di desa terpencil Allah Bachayo Phanwar di Pakistan selatan, Mithal Chandio menyisir puing-puing mencari batu bata utuh untuk bisa mulai membangun kembali rumahnya, yang diratakan oleh banjir dahsyat bulan lalu yang menenggelamkan sepertiga dari negara itu.

Barang-barangnya termasuk selimut basah, kipas angin, beberapa tas dan koper penuh pakaian, serta beberapa barang pecah belah. Saat banjir melanda desanya bulan lalu, dia hanya bisa meraih sebanyak itu.

Terletak di pinggiran distrik Dadu di provinsi Sindh, salah satu daerah yang terkena dampak paling parah, desa tersebut benar-benar dibanjiri oleh air, yang memaksa sekitar 500 warga mengungsi di jalan terdekat.

Ketinggian air yang mengamuk sejak itu telah surut, meninggalkan kehancuran besar-besaran dengan tidak ada yang utuh tersisa.

Desa ini masih dikelilingi oleh air sedalam 4 hingga 5 kaki, memberikan tampilan seperti pulau. Kawanan nyamuk dan lalat rumah terus berputar-putar.

Perahu adalah satu-satunya cara untuk mencapai desa yang hancur, membawa makanan, atau mengangkut orang sakit ke rumah sakit.

“Hanya laki-laki dari 10 hingga 12 keluarga yang kembali sejauh ini selama sepekan terakhir untuk menilai kerusakan dan prospek perbaikan rumah, yang saat ini tidak berpenghuni,” kata Mithal Chandio, seorang petani setempat, kepada Anadolu Agency.

Warga lain, Ghulam Omer, mengatakan, desa itu juga dilanda banjir pada 2010, tetapi skala kerusakannya jauh lebih kecil.

“Kali ini, tiga kali lipat jumlah air datang dan tidak meninggalkan apa pun kecuali kehancuran dan ketidakberdayaan,” katanya.

Lahan pertanian masih terendam air, tanpa kemungkinan surut dalam beberapa pekan mendatang, jika tidak berbulan-bulan. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.