Korsel Desak Korut-AS Lanjutkan Negosiasi Denuklirisasi

Seoul, MINA – Korea Selatan mendesak Amerika Serikat dan Korea Utara untuk melanjutkan dialog tentang denuklirisasi Semenanjung Korea.

“Agar kedua pihak bertemu dan melakukan diskusi yang produktif, maka itu akan membutuhkan fleksibilitas untuk mencapai kesepakatan,” kata kantor berita Yonhap dikutip MINA mengutip Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha saat konferensi Pers pada Jumat (3/5).

Proses denuklirisasi pun mandek sejak perundingan Washington-Pyongyang Februari lalu tidak mencapai kesepakatan apapun.

Pyongyang telah mencari pengganti Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo untuk membuat kemajuan dalam negosiasi denuklirisasi.

Menurut Yonhap, Kang mendesak kedua pihak untuk “mencapai kesepakatan yang mengarahkan pada denuklirisasi serta hubungan yang lebih baik antara AS dan Korea Utara”.

“Tapi harus ada gambaran yang komprehensif,” tegasnya.

Korea Utara melakukan uji coba nuklir untuk pertama kalinya pada 2006, dan sejak itu dikenai sanksi internasional yang berat. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.