SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kota-Kota Asia Duduki Peringkat Teratas Ibu Kota Terpanas

Arina Islami - Sabtu, 29 Juni 2024 - 05:43 WIB

Sabtu, 29 Juni 2024 - 05:43 WIB

0 Views

Jakarta, MINA – Kota-kota di Asia, yang merupakan setengah dari ibu kota dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, mengalami peningkatan suhu tertinggi – sebuah tren yang terlihat dalam gelombang panas baru-baru ini di seluruh benua, mulai dari Asia Tenggara hingga Tiongkok dan India.

Asia sangat rentan terhadap risiko iklim karena tingginya jumlah penduduk, kemiskinan, dan proporsi penduduk yang tinggal di dataran rendah, rentan terhadap banjir, kenaikan permukaan laut, dan bencana alam lainnya.

Sebanyak 20 kota terpadat di dunia yang merupakan rumah bagi lebih dari 300 juta orang mengalami peningkatan sebesar 52% dalam jumlah hari yang melebihi 35 derajat Celcius selama tiga dekade terakhir, menurut analisis yang dilakukan oleh Institut Internasional untuk Lingkungan dan Pembangunan (IIED) diterbitkan pada hari Jumat (28/6).

“Perubahan iklim bukan hanya ancaman di masa depan. Perubahan ini sudah terjadi dan semakin buruk,” kata peneliti senior IIED Tucker Landesman dalam siaran persnya,

Baca Juga: Sebanyak 18 Orang Tewas Dalam Serangan di Nigeria

New Delhi, India menduduki puncak daftar kota terpanas, mencatat 4.222 hari di atas 35 derajat Celsius dalam tiga dekade terakhir – lebih banyak dari kota lain yang dianalisis sebuah studi baru.

Studi itu mengatakan bahwa tren berbahaya ini didorong oleh suhu yang sangat panas di seluruh Asia seiring dengan memburuknya krisis iklim.

Ibu kota Indonesia, Jakarta, mengalami salah satu lonjakan terbesar dalam jumlah hari dengan suhu di atas 35 derajat Celsius dalam 30 tahun terakhir, dari 28 hari antara tahun 1994 hingga 2003 menjadi 167 hari dari tahun 2014 hingga 2023.

Seoul, Korea Selatan dan Beijing, Tiongkok juga mengalami kenaikan suhu yang signifikan pada hari-hari yang sangat panas.

Baca Juga: Putin Pertimbangkan Pengerahan Nuklir di Dekat Negara NATO

Pada tahun 2018, Seoul mengalami 21 hari dengan suhu lebih dari 35 derajat Celsius – lebih banyak dibandingkan gabungan 10 tahun sebelumnya. Jumlah hari di atas 35 derajat di Beijing telah meningkat sebesar 309% sejak tahun 1994.

Cuaca panas juga merugikan perekonomian, merusak tanaman dan ternak, serta mengurangi produktivitas tenaga kerja, terutama di tempat tanpa AC, karena para pekerja membutuhkan lebih banyak waktu istirahat dan rehidrasi.

Panas ekstrem memberi tekanan pada infrastruktur, termasuk jalan raya, jalan raya, kabel listrik, dan rel kereta api, yang mengakibatkan gangguan rantai pasokan, pemadaman listrik, dan penyakit.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pilpres Iran 28 Juni, Partisipasi Hanya 40%

Rekomendasi untuk Anda

Asia
Haji 1445 H
Artikel
Dunia Islam
Indonesia