KPHI: Penyelenggaraan Haji Banyak Kemajuan

Makkah, 18 Dzulhijjah 1437/20 September 2016 (MINA) – Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) menilai banyak kemajuan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Ketua KPHI Mohammad Samidin Nasir mengungkapkan, dari hasil pengawasan dan pemantauan, sejak penyelenggaraan di Tanah Air, proses dokumentasi, dan pemberangkatan, telah banyak kemajuan yang dicapai.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara yang dalam hal ini sebagai pimpinannya adalah Menteri Agama. Seluruh petugas yang terkait dalam penyelenggaraan haji telah bekerja maksimal sehingga menghasilkan berbagai kemajuan di sana-sini,” kata Samidin saat memberikan keterangan pers di Kantor Daker Makkah, jelang keberangkatannya menuju Jeddah, Senin (19/9). Demikian laporan laman resmi Kemenag yang dikutip MINA.

Tim KPHI berjumlah 12 orang, terdiri dari tujuh orang komisioner dan lima staf. Mereka terbagi dalam enam sub tim dengan masing-masing beranggotakan dua orang. Menurut Samidin, proses pengawasan KPHI dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan.

Samidin mengungkapkan, selama beberapa hari tim KPHI sudah melakukan pemantauan lapangan di Madinah dan Makkah. Selain pengamatan langsung, KPHI juga mengumpulkan petugas kloter dari masing masing provinsi untuk menampung semua keluhan dan masukan.

“Dari apa yang kami lakukan kemarin, klop dengan apa yang kita petakan sehingga KPHI yakin temuannya faktual,” ujarnya.

Setelah melakukan pengawasan selama beberapa hari di Madinah dan Makkah, malam ini tim KPHI bertolak ke Jeddah untuk memantau pemulangan jemaah haji Indonesia. Sebagian dari tim ini dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 21 September 2016. Sebagian lainnya akan terbang pada tanggal 24 September 2016.

Meski menilai banyak kemajuan dalam penyelenggaraan haji tahun ini, Samidin mengatakan, KPHI menemukan beberapa catatan kekurangan yang perlu diperbaiki pada kesempatan mendatang. (T/P006/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.