Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kritik Genosida Israel di Gaza, Menteri Spanyol Ione Belarra Dicopot

Hasanatun Aliyah - Selasa, 21 November 2023 - 20:59 WIB

Selasa, 21 November 2023 - 20:59 WIB

11 Views

MADRID, SPAIN - OCTOBER 12: Minister of Social Rights and 2030 Agenda Ione Belarra attend the National Day Military Parade on October 12, 2023 in Madrid, Spain. (Photo by Carlos Alvarez/Getty Images)

Madrid, MINA – Menteri Spanyol Ione Belarra dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Hak Sosial dan Urusan Konsumen pada Senin (20/11).

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang baru dilantik kembali pada Kamis (16/11), mengganti Belarra yang sangat vokal mendukung perjuangan Palestina dan mengkritik genosida Israel di Gaza dengan Pablo Bustinduy, seperti dilansir Anadolu Agency.

Belarra juga kerap mendesak komunitas internasional untuk memberikan sanksi kepada Israel, yang melakukan genosida terencana terhadap warga Palestina di Gaza.

Anggota kabinet seperti Ione Belarra juga menyerukan Spanyol untuk sepenuhnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel dan memberikan sanksi kepada para pemimpinnya.

Baca Juga: Presiden Iran akan Hadiri KTT BRICS di Rusia

Belarra juga mengecam para pemimpin dunia karena bersikap standar ganda ketika menanggapi perang Rusia-Ukraina dan perang Israel-Palestina.

Baru-baru ini, 900 profesional medis Spanyol telah menandatangani petisi yang menyerukan Spanyol dan UE untuk berhenti bekerja sama dengan Israel dan menyerukan gencatan senjata segera.

Pergantian pembentukan kabinet baru Spanyol setelah Sanchez kembali dilantik sebagai perdana menteri di negara tersebut. Meski demikian, Bustinduy memiliki sikap serupa dengan Belarra mengenai serangan brutal Israel di Gaza.

Sebelumnya Sanchez mengumumkan bahwa salah satu prioritas utamanya adalah pengakuan Spanyol atas Negara Palestina, dan berjanji untuk mendukung sikap yang sama di tingkat Eropa.

Baca Juga: Yaman Bersiap Perang Jangka Panjang dengan Israel

Spanyol masih memegang jabatan presiden bergilir Dewan Uni Eropa dan telah menganjurkan agar UE menjadi tuan rumah pertemuan puncak perdamaian.

Secara tradisional, kunjungan internasional pertama perdana menteri Spanyol yang baru terpilih adalah ke Maroko. Namun, Perdana Menteri Spanyol Sanchez dalam perjalanan internasional pertama sejak terpilihnya kembali, akan mengunjungi Israel dan Palestina pada Kamis mendatang.

Sanchez dalam agendanya akan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, serta Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Konflik Israel telah memicu ketegangan di negara-negara Eropa, dengan Spanyol dan Irlandia menyerukan gencatan senjata dan negara-negara lain seperti Jerman lebih mendukung tindakan Israel.(T/R5/P1)

Baca Juga: Spanyol Gelar Pertemuan Bahas Solusi Dua Negara Israel-Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Asia
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina