Kroasia Tuan Rumah Kongres Halal Dunia Ke-3

Suasana rapat meja bundar di Kroasia (Foto: dok. Halal Focus)
Suasana rapat meja bundar di Kroasia (Foto: dok. Halal Focus)

Kroasia, 24 Jumadil Awwal 1437/3 Maret 2016 (MINA) – Kongres Halal Dunia ke-3 akan berlangsung di Opatija, sebuah kota di Istria, Kroasia pada November mendatang. Pusat Sertifikasi Halal Komunitas Islam di Kroasia mengumumkan ketika rapat meja bundar pada Selasa (1/3) bahwa ada sekitar lebih dari 1.000 peserta dari seluruh dunia.

Rapat yang membahas tentang “Pasar pariwisata halal, pertumbuhan dan prospek perkembangan,” tersebut diadakan di Islamic Centre Zagreb yang dihadiri oleh pembisnis perhotelan, perwakilan dari dewan lokal wisata, agen perjalanan, produsen, kementrian pariwisata dan urusan mancanegara, majelis perdagangan Kroasia, serta pusat sertifikasi halal dari Slovenia, Bosnia, dan Herzegovina, demikian laporan Halal Focus yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kepala komunitas Islam di Kroasia, Mufti Aziz Hasanovic, mengatakan kongres tersebut akan berlangsung selama tiga hari untuk memperingati seratus tahun pengakuan Islam di Kroasia.

Kongres Halal Dunia Opatija pada November nanti juga bertujuan untuk mempromosikan Kroasia yang memiliki potensi besar dan menarik minat wisatawan dalam hal ekspor dan pariwisata, di mana sertifikat pilihan produk dan layanan di pasar merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Kroasia mengenalkan sertifikasi halal pada tahun 2007 dan mendirikan pusat sertifikasi halal pada tahun 2010 dengan Aldin Dugonhic sebagai ketuanya. Sejak itu, sekitar 61 produsen, 23 hotel dan restoran, tujuh agen travel memiliki sertifikat halal.

Tujuan lain diadakannya kongres tersebut adalah untuk menarik investor Muslim agar mau berinvestasi di bidang pariwisata dan sektor lain di Kroasia. (T/mar/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)