KTT Arab Tegaskan Dukungan untuk Palestina, Serukan Solusi Politik di Suriah

Aljir, MINA – yang diselenggarakan di Aljazair pada hari Rabu (2/11) menegaskan kembali dukungan kepada rakyat dan menyerukan solusi politik untuk konflik Suriah.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada akhir pertemuan dua hari mereka, para pemimpin Arab menekankan sentralitas perjuangan Palestina dan dukungan mutlak mereka untuk hak-hak rakyat Palestina yang tidak dapat dicabut, Anadolu Agency melaporkan.

Para pemimpin menggarisbawahi mereka tetap berpegang pada Inisiatif Perdamaian Arab 2002, yang menawarkan Israel pengakuan diplomatik penuh dari negara-negara Arab sebagai imbalan atas penarikan Israel dari tanah Arab yang diduduki pada tahun 1967 serta pembentukan negara Palestina.

Mereka juga menekankan perlunya melindungi kota Yerusalem dan tempat-tempat sucinya dari pelanggaran Israel.

Pernyataan terakhir, yang disebut “Deklarasi Aljazair”, juga menegaskan kembali dukungan terhadap upaya Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh PBB.

Para pemimpin Arab juga menyuarakan solidaritas penuh dengan rakyat Libya dan upaya yang bertujuan untuk mengakhiri krisis Libya.

Pernyataan itu juga menekankan dukungan kepada pemerintah Yaman yang sah dan menyerukan upaya kolektif Arab untuk mencapai solusi politik untuk konflik di Suriah.

KTT Arab yang diselenggarakan Aljazair adalah yang pertama diadakan dalam tiga tahun sejak 2019 karena pandemi corona. KTT Arab berikutnya akan diadakan di Arab Saudi. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.