KTT AS-Asean, Para Pemimpin Dijamu di Gedung Putih

Washington, MINA – Para pemimpin dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada pertemuan puncak Gedung Putih, Kamis (12/5) waktu AS, ketika negara itu berupaya untuk mengembalikan “komitmen abadi”-nya ke kawasan.

KTT tersebut menandai pertama kalinya para pemimpin ASEAN diundang ke Gedung Putih dalam 45 tahun. Terakhir kali semua pemimpin negara mengunjungi AS adalah pada tahun 2016, ketika mereka bertemu dengan Presiden Barack Obama saat itu di peternakan Sunnylands di California.

Al Jazeera melaporkan, hanya delapan dari 10 pemimpin kelompok yang dijadwalkan di Washington, DC, kali ini.

Filipina berada di tengah transisi kepemimpinan setelah pemilu pekan ini untuk memilih presiden baru. Sementara Jenderal Senior Min Aung Hlaing, yang menggulingkan pemimpin terpilih Myanmar Aung San Suu Kyi dalam kudeta tahun 2021, telah dilarang dari acara tersebut. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.