KTT ASEAN ke-35 Diharapkan Prioritaskan Isu-isu Regional

Jakarta, MINA – Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN  di Bangkok, , memprioritaskan penyelesaian untuk memastikan stabilitas keamanan, ekonomi regional, maupun perdamaian di kawasan.

Menurutnya, diperlukan sinergi antar negara-negara di kawasan untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Jadi, agenda utama adalah memperkuat kesamaan visi dari kepentingan regional kita dulu. Misalnya, kita pastikan dulu jangan ada illegal fishing, bagaimana kerja sama ekonomi yang ditangani secara bilateral dan multilateral. Selanjutnya, baru membicarakan rencana-rencana yang akan dilakukan ke depan,” kata Bobby dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/11).

Di bidang kemanusiaan, politisi F-Golkar ini mendukung usulan repatriasi bagi para pengungsi Rohingya sebagai salah satu isu berkembang dalam rapat pleno . Ia mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia untuk berkontribusi dalam proses pemulangan pengungsi Rohingya dari Cox’s Bazaar, Bangladesh ke Myanmar.

“Dengan langkah tersebut, Indonesia bukan hanya sebatas memberikan solusi diplomatik serta mediasi. Tetapi, turut serta memberikan uluran tangan,” tegas Bobby.

KTT ke-35 ASEAN yang berlangsung tanggal 2-4 November 2019 di Bangkok ini mengusung tema “Advancing Partnership for Sustainability”. Presiden Joko Widodo turut hadir dalam pembukaan pleno ini dengan didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. (T/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)