KTT Darurat Arab Akan Membahas “Kesepakatan Abad Ini”

Makkah, MINA – KTT darurat Arab akan diadakan pada hari Kamis (30/5) untuk membahas “penolakan terhadap langkah-langkah yang diambil oleh Washington dan penolakan Kesepakatan Abad Ini” atas undangan Riyadh.

KTT akan digelar meskipun ada rencana dari Bahrain yang akan mengadakan konferensi ekonomi akhir bulan depan, Safa melaporkan pada Selasa (28/5).

Patut dicatat bahwa Manama adalah sekutu utama Kerajaan Arab Saudi dan sering mengikuti kebijakan luar negerinya, itu adalah salah satu dari empat negara yang berpartisipasi dalam boikot terhadap Qatar.

KTT Saudi akan dihadiri oleh delegasi Palestina yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas.

Setelah Ramadhan, Washington berencana meluncurkan “Kesepakatan Abad Ini”, yang ditolak oleh Palestina karena hal itu membuat kompromi yang tidak adil bagi Israel, terutama pada status Yerusalem dan hak pengembalian pengungsi.

Raja Arab Saudi Salman meminta para pemimpin Arab untuk mengadakan dua KTT darurat Teluk dan Arab di Makkah pada 30 Mei setelah kapal-kapal komersial UEA dan dua stasiun pompa minyak di Arab Saudi diserang dan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran.

Gedung Putih mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengumumkan bagian pertama dari perjanjian itu, yang akan mencakup apa yang para pejabat AS sebut sebagai “bengkel” ekonomi untuk menarik investasi ke Tepi Barat, Gaza, dan kawasan itu. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.