KTT Liga Arab Tegaskan Perjuangan Palestina sebagai Isu Sentral

Jeddah, MINA – Komunike terakhir KTT ke-32 di Jeddah, Saudi, Jumat (19/5), menegaskan kembali sentralitas perjuangan bagi negara-negara Arab sebagai salah satu faktor utama stabilitas di kawasan.

Komunike mengutuk semua praktik dan pelanggaran yang dilakukan terhadap warga Palestina, kehidupan mereka, harta benda dan keberadaan mereka, Wafa melaporkannya.

Komunike tersebut menekankan pentingnya mengintensifkan upaya untuk mencapai penyelesaian masalah Palestina yang komprehensif dan adil berdasarkan solusi dua negara, sesuai dengan referensi internasional, khususnya Inisiatif Perdamaian Arab.

KTT Liga Arab juga menggarisbawahi pentingnya menghormati resolusi internasional yang relevan dan prinsip-prinsip hukum internasional untuk memastikan berdirinya negara Palestina merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Baca Juga:  Forum Rektor PTMA Dukung Pemerintah Tolak Hubungan Diplomatik dengan Israel

Komunike tersebut meminta komunitas internasional untuk memikul tanggung jawabnya untuk mengakhiri , dan untuk menghentikan pelanggaran yang sedang berlangsung yang akan menghalangi realisasi solusi politik dari masalah Palestina.

Para pemimpin Arab menekankan perlunya lebih banyak upaya untuk melindungi Yerusalem dan kesuciannya dalam menghadapi upaya Israel untuk mengubah demografi, identitas, dan status sejarah dan hukumnya.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.