KTT Putin dan Trump 16 Juli di Helsinki

Washington, MINA – Presiden Rusia dan Presiden Amerika Serikat akan mengadakan pertemuan puncak di Helsinki pada 16 Juli, Kremlin dan Gedung Putih mengumumkan Kamis (28/6).

Kedua presiden akan membahas masalah bilateral dan hubungan internasional.

Pengumuman itu muncul sehari setelah Penasihat Keamanan Nasional Trump John Bolton mengadakan pembicaraan dengan  pejabat Rusia di Moskow untuk meletakkan dasar bagi KTT itu.

“Saya telah mengatakannya sejak hari pertama, berhubungan dengan Rusia dan dengan Cina dan dengan semua orang adalah hal yang sangat bagus,” kata Trump, Rabu, seperti dilaporkan Arab News.

“Ini bagus untuk dunia, bagus untuk kita, bagus untuk semua orang.”

Dia mengatakan dengan Putin akan membahas persoalan Suriah, Ukraina, dan “banyak masalah lain.”

Putin dan Trump melakukan dua pertemuan singkat di sela-sela pertemuan internasional tahun lalu, tetapi rencana untuk pertemuan puncak penuh tercederai di tengah penyelidikan AS atas dugaan kolusi antara kampanye Trump dan Rusia.

Menjelang pengumuman, Trump mengulangi penolakan Rusia terhadap campur tangan dalam pemilu AS. “Rusia terus mengatakan bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan pemilu AS.”

Trump telah terus-menerus membeo penyangkalan Kremlin terhadap gangguan pemilu AS, sebuah langkah yang telah membuatnya tidak sejalan dengan temuan komunitas intelijen AS dan hampir semua politisi Demokrat dan Republik di Kongres, yang mengatakan ada bukti yang jelas dari upaya Rusia untuk memengaruhi pemilu presiden AS tahun 2016 yang lalu.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov kemungkinan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam dua minggu ke depan sebagai bagian dari upaya untuk mengatur panggung untuk KTT.

Ryabkov mengatakan dalam pernyataan yang disiar oleh kantor berita Rusia Kamis bahwa Moskow sudah membuat proposal mengenai spesifik dari pertemuan dan sedang menunggu jawaban Washington. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

http://www.arabnews.com/node/1329746/world

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.