Kualifikasi Basket untuk Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Ulang

Jenewa, Swiss, MINA – Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) merilis jadwal ulang untuk babak kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo tahun depan.

Olimpiade Tokyo seharusnya berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus 2020 mendatang, namun, pandemi Covid-19 atau virus corona menyebabkan turnamen multi-event tersebut mundur ke 23 Juli-8 Agustus 2021.

Dikutip dari ESPN, Jumat (15/4), empat pertandingan kualifikasi tersisa akan berlangsung pada 29 Juni hingga 4 Juli 2021. Itu artinya kualifikasi akan berakhir 19 hari sebelum Olimpiade dimulai.

Lokasi pertandingan babak kualifikasi Olimpiade dipastikan tidak berubah, masing-masing di Kanada, Kroasia, Lithuania, dan Serbia.

Namun, jadwal tersebut terindikasi bertabrakan dengan kompetisi NBA musim 2020-2021.

Hal tersebut bisa menjadi masalah untuk para pemain klub NBA yang juga berstatus pilar untuk tim nasional masing-masing.

Berdasarkan rekam jejak sebelumnya, kompetisi NBA tidak menerapkan jeda selama pertandingan kualifikasi Olimpiade berlangsung.

Sejauh ini, sudah ada delapan negara yang lolos ke Olimpiade Tokyo, termasuk Jepang sebagai tuan rumah dan Amerika Serikat yang menjadi pemegang medali emas Olimpiade Rio 2016.

Masih ada 20 negara yang akan memperebutkan empat tiket tersisa menuju putaran final Olimpiade Tokyo. (R/R11/P1

Mi’raj News Agency (MINA)