Kualitas Riset Universitas Syiah Kuala Aceh Peringkat Lima Terbaik Nasional

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan

Banda Aceh, MINA – Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh berhasil mengukir prestasi yang membanggakan di bidang riset, di mana kualitas riset perguruan tinggi ini berhasil menjadi yang terbaik kelima secara nasional.

Informasi ini berdasarkan publikasi salah satu Lembaga pemeringkatan dunia yaitu Scimago Institutions Rankings tahun 2024 untuk kategori riset.

Dalam publikasi tersebut, USK masuk dalam jajaran terbaik nasional untuk kategori riset bersama kampus terbaik lainnya di Indonesia. Adapun urutannya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Pemeringkatan versi Scimago ini berdasarkan kombinasi tiga indikator berbeda yaitu performa riset, hasil inovasi, dan dampak sosial yang diukur berdasarkan visibilitas web.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan kepada MINA, Kamis (25/4) menyampaikan rasa syukur serta bangga atas keberhasilan USK meraih prestasi tersebut. Menurut Rektor pencapaian ini menjadi motivasi USK untuk terus mengembangkan kualitas risetnya, sehingga riset dan inovasi tersebut bisa memberikan manfaat yang luas.

Oleh sebab itu, Rektor menilai hasil pemeringkatan Scimago ini akan menjadi perhatian USK. Mengingat indikator penilaiannya sangat sejalan dengan visi USK untuk terus meningkatkan kualitas risetnya selama ini.

“Alhamdulillah, ini kebanggaan kita semua. Capaian ini kian memotivasi USK untuk terus menciptakan iklim riset dan inovasi yang lebih baik. Dengan demikian, hasil riset USK semakin luas manfaatnya bagi masyarakat,” ucap Rektor.

Baca Juga:  BNPB Kirim 16 Ton Logistik untuk Warga Terdampak Erupsi Gunungapi Ibu

Rektor mengungkapkan, selama ini kualitas riset dan peneliti USK tidak hanya diakui di level nasional. Tapi turut menjadi perhatian di tingkat global. Hal ini terlihat dari banyaknya kolaborasi riset peneliti USK dengan kampus atau Lembaga riset ternama dunia. Selain itu, para peneliti USK juga banyak memenangkan berbagai program hibah riset yang bergengsi.

“Semua capaian itu setidaknya menunjukkan kalau kualitas riset USK telah diakui reputasinya secara global. Untuk itu, kita akan terus mendorong peneliti USK untuk menghasilkan riset dan inovasi yang bermutu,” ucap Rektor. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arif Ramdan

Editor: Rendi Setiawan