Kuartet Timteng Soroti Prospek Perdamaian Solusi Dua Negara

Oslo, MINA – Utusan masing-masing dari Uni Eropa, Federasi Rusia, Amerika Serikat, dan PBB melakukan pertemuan di Oslo, Norwegia, Kamis (18/11). Mereka menggarisbawahi urgensi situasi dan pentingnya mengambil langkah konstruktif untuk memajukan solusi dua negara, prospek perdamaian Palestina-Israel.

Para utusan mengatakan, mereka tetap sangat prihatin dengan situasi di Tepi Barat, Yerusalem dan Jalur Gaza, termasuk meluasnya pembangunan unit pemukiman baru Israel dan krisis ekonomi Otoritas Palestina, Wafa melaporkan.

Mereka menyoroti kebutuhan mendesak bagi semua pihak, merujuk pada Palestina dan Israel, untuk menghindari langkah-langkah sepihak yang memperburuk ketegangan serta merusak prospek perdamaian.

Para utusan mencatat kebutuhan mendesak untuk mengatasi situasi rapuh di Gaza dengan dukungan dari semua pemangku kepentingan yang relevan, termasuk pelonggaran akses dan pembatasan pergerakan untuk orang serta barang.

Utusan Kuartet lebih jauh menggarisbawahi pentingnya penghormatan terhadap hak asasi manusia dan tindakan kelompok masyarakat sipil. Mereka juga sepakat untuk bekerja menuju penyelesaian konflik dan melanjutkan konsultasi dengan para pihak serta aktor kunci regional. (T/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.