Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kuba akan Gabung Afsel di ICJ Lawan Israel dalam Kasus Genosida

Rudi Hendrik - Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:51 WIB

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:51 WIB

7 Views

Havana, MINA – Pemerintah Kuba telah mengumumkan untuk bergabung bersama Afrika Selatan (Afsel) melawan Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) yang menuduh rezim tersebut melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Kementerian Luar Negeri Kuba pada hari Jumat (21/6) dalam sebuah pernyataan mengatakan, Kuba akan secara resmi mendukung pengaduan genosida Afrika Selatan terhadap Israel di ICJ karena meningkatnya serangan rezim terhadap warga sipil di Gaza. Press TV melaporkan.

Kementerian Kuba menyatakan “komitmennya yang tak tergoyahkan dan berkelanjutan mendukung dan berkontribusi sebanyak mungkin untuk melegitimasi upaya internasional untuk mengakhiri genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina.”

“Genosida, apartheid, pemindahan paksa, dan hukuman kolektif tidak dapat terjadi di dunia saat ini, dan komunitas internasional tidak dapat menoleransi hal tersebut,” kata kementerian tersebut.

Baca Juga: Kanada Berlakukan Sanksi Baru terhadap Pemukim Ilegal Israel

Kuba bergabung dengan Nikaragua, Kolombia, Libya, Maladewa, Mesir, Irlandia, Belgia, Turki, dan Chili sebagai negara-negara yang berniat atau telah secara resmi mengumumkan partisipasi mereka dalam kasus melawan Israel.

Awal bulan ini, Presiden Chile Gabriel Boric mengumumkan dukungan negaranya terhadap kasus genosida melawan Israel, dan menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas “situasi kemanusiaan yang sangat buruk” di Gaza, terutama terhadap perempuan dan anak-anak.

“Chile akan menjadi pihak dan mendukung kasus yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel di hadapan Mahkamah Internasional di Den Haag,” kata Boric.

Afrika Selatan mengajukan kasus genosida terhadap Israel pada Desember 2023 atas perangnya di Jalur Gaza. Menurut permohonan Afrika Selatan, tindakan Israel di Gaza adalah “bersifat genosida karena dimaksudkan untuk menghancurkan sebagian besar kelompok nasional, ras, dan etnis Palestina.”

Baca Juga: Senator AS akan Ajukan RUU Penghentian Penjualan Senjata ke Israel

Pengaduan tersebut meminta hakim di pengadilan untuk menyatakan bahwa Israel melakukan genosida di Gaza dan memerintahkan rezim tersebut untuk menghentikan serangannya terhadap masyarakat.

ICJ kemudian mengeluarkan keputusan awal yang memerintahkan Israel untuk menahan diri dari tindakan yang mungkin termasuk dalam Konvensi Genosida.

Mereka mengeluarkan putusan lain pada bulan Maret yang memerintahkan rezim untuk memastikan bahwa pasokan makanan pokok dapat menjangkau masyarakat di Gaza.

Pada tanggal 10 Mei, Afrika Selatan meminta ICJ untuk memerintahkan penghentian perang di Gaza, khususnya di kota Rafah di bagian selatan yang dipenuhi pengungsi.

Baca Juga: Percobaan Pembunuhan Trump Terjadi Lagi, Fox dan NYT Ungkap Tersangka

Pada tanggal 24 Mei, ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan agresinya terhadap Rafah, membangun koridor kemanusiaan dan mengizinkan badan dunia tersebut untuk menyelidiki genosida.

Israel melancarkan perang brutalnya di Gaza pada 7 Oktober tahun lalu setelah kelompok perlawanan Palestina melakukan operasi bersejarah melawan rezim Tel Aviv.

Sejak dimulainya serangan Israel di Gaza pada 7 Oktober, rezim Tel Aviv telah menewaskan sedikitnya 37.400 warga Palestina dan melukai 85.500 lainnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Chili Ajukan Deklarasi Intervensi dalam Kasus Genosida Israel di ICJ

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional