Kuburan Massal 40 Anggota ISIS Ditemukan di Dekat Tal Afar

Kuburan massal di Irak. (Foto: dok. Iraqi News)

Tal Afar, MINA – Pasukan paramiliter pro-pemerintah Irak menemukan sebuah kuburan massal yang diduga berisi jenazah anggota militan Islamic State (ISIS) di dekat kota Tal Afar, sebelah barat Mosul.

“Ketika pasukan menyisir pusat dan pinggiran Tal Afar, sebuah kuburan massal ISIS ditemukan di dekat distrik militer di kota tersebut,” kata Kapten Moussa Ali Joulak, seorang perwira di pasukan Al-Hashd Al-Shaabi (Pasukan Mobilisasi Populer), Kamis (28/9). Demikian Iraqi News memberitakannya yang dikutip MINA.

“Kuburan mencakup 40 anggota (ISIS) yang kebanyakan adalah wanita dan militan asing,” tambahnya. “Beberapa batu nisan memiliki huruf asing yang mirip dengan bahasa Latin, bukan bahasa Inggris. Mungkin menunjukkan nama orang-orang Rusia dan Chechnya yang dibunuh.”

Baca Juga:  Jerman Seru Lebanon dan Israel Kurangi Ketegangan

Batu nisan menunjukkan bahwa kematian mereka terjadi pada awal dan pertengahan tahun ini.

Joulak menduga, kemungkinan besar mereka tewas oleh serangan udara sebelum dilakukan operasi pembebasan Tal Afar dari kuasa ISIS.

Perdana Menteri Irak Haidar Al-Abadi telah mengumumkan pada tanggal 20 Agustus lalu sebagai awal operasi pembebasan Tal Afar. Setelah 40 hari operasi militer gabungan Irak, kota Tal Afar diumumkan telah dimenangkan dari ISIS. (T/RI-1/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan