KUBURAN MASSAL YAZIDI DITEMUKAN DI IRAK UTARA

Kuburan massal terbaru yang ditemukan di Irak. (Foto: AFP)
terbaru yang ditemukan di . (Foto: AFP)

Baghdad, 17 Rabi’ul Akhir 1436/7 Februari 2015 (MINA) – Sebanyak 23 jenazah laki-laki penganut ditemukan di sebuah kuburan massal di Irak utara.

Kantor berita Perancis AFP melaporkan, juru bicara pemerintah daerah Kurdi, Fuad Othman mengatakan Sabtu (7/2), kuburan itu digali di dekat desa Bardiyan, setelah ada laporan dari penduduk lokal, Albawaba melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Komunitas minoritas Yazidi diperkirakan berjumlah beberapa ratus ribu orang di Irak sebelum mereka diserang oleh kelompok bersenjata Negara Islam atau musim panas lalu.

Sebagian besar mereka berbicara bahasa Kurdi yang zaman dahulu agamanya berasal dari Zoroastrianisme, Kristen dan Islam.

Sepekan sebelumnya, pasukan Kurdi Irak mengatakan telah menemukan kuburan massal yang mengubur 25 anggota Yazidi yang diduga kuat dibunuh oleh ISIS, sewaktu kelompok itu menyerbu bagian barat laut Irak dalam beberapa bulan ini.

Beberapa pejabat mengatakan, pasukan Kurdi Peshmerga menemukan kuburan massal yang berisi mayat laki-laki, perempuan dan anak-anak pada Ahad (1/2).

Karena agamanya yang dianggap sesat, Yazidi menjadi target pembunuhan kelompok ISIS. (T/P001/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0