Kutip Al-Quran, Sekjen PBB Sambut Ramadhan

New York, MINA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, pada Rabu (22/4) memberikan ‘harapannya yang paling hangat’ untuk umat Muslim di seluruh dunia dalam menjalani bulan suci Ramadhan.

Kantor berita Xinhua yang dilansir Bernama melaporkan, Guterres mengulangi seruannya pada 23 Maret untuk gencatan senjata global segera buat fokus pada perang melawan virus corona.

“Saya ulangi seruan itu hari ini, mengingat pesan-pesan dalam kitab suci Alquran: ‘Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka terimalah’,” ujar Sekjen PBB mengutup penggalan ayat dalam Surah Al-Anfal.

Ramadhan tahun ini menjadi sangat berbeda karena banyak kegiatan masyarakat yang terpengaruh oleh pandemi Covid-19. “Sementara itu, banyak orang di daerah konflik kembali secara tragis menjalani bulan suci ini di tengah perang dan ketidakamanan di sekitar mereka,” katanya dalam pesan video.

Pemimpin PBB asal Portugal itu juga menyebut Ramadhan adalah tentang membantu kalangan yang paling rentan.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia Muslim yang mengamalkan iman mereka, mendukung mereka yang melarikan diri dari konflik dalam tradisi Islam terbaik tentang keramahan dan kemurahan hati – pelajaran luar biasa di dunia ini di mana begitu banyak pintu telah ditutup bagi mereka yang membutuhkan perlindungan, bahkan sebelum Covid-19.”

“Sekali lagi, harapan terbaik saya untuk semuah kemurahan hati, solidaritas, dan kasih sayang di masa-masa sulit ini,” kata Guterres. (T/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

https://www.bernama.com/en/world/news.php?id=1834974