Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kutukan Aksi Pembakaran Al-Quran di Swedia Terus Berlanjut

Rana Setiawan - Senin, 23 Januari 2023 - 07:39 WIB

Senin, 23 Januari 2023 - 07:39 WIB

0 Views

Kairo, MINA – Parlemen Arab dan berbagai lembaga internasional Islam telah mengutuk keras aksi pembakaran salinan Al-Quran oleh seorang ekstremis di ibu kota Swedia, Stockholm, menekankan penolakan total terhadap tindakan tercela tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan SPA dikutip MINA, Senin (23/1), Parlemen Arab meminta masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dan mengkriminalisasi tindakan yang tidak dapat diterima ini, yang mengobarkan perasaan kebencian dan kekerasan serta menggoyahkan keamanan dan stabilitas.

Parlemen Arab menyerukan pemberlakuan hukum internasional yang mengkriminalisasi penghinaan terhadap kesucian agama, menegaskan perlunya menyebarkan nilai-nilai toleransi dan hidup berdampingan.

Senada dengan Parlemen Arab, Liga Muslim Dunia (MWL) mengutuk tindakan absurd, provokatif, dan memalukanpada aksi pembakaran salinan Al-Quran.

Baca Juga: Wapres Ajak Dai di ASEAN Fokus Dakwah Perkuat Umat

Sekretaris Jenderal MWL, Dr. Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, memperingatkan risiko tindakan yang hanya memprovokasi kebencian, melayani agenda ekstremisme.

“Ini menunjukkan bahwa perilaku sembrono tersebut menyinggung, antara lain penyalahgunaan konsep kebebasan dan nilai-nilai kemanusiaannya,” ujar Isa.

Dia menegaskan kembali, risiko aksi biadab ini hanya akan meningkatkan keimanan dan keteguhan umat Islam pada nilai-nilai mereka yang selalu menyerukan perdamaian dan koeksistensi.

Mendukung pernyataan Parlemen Arab dan Liga Muslim Dunia, Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk Negara-Negara Teluk Arab, Dr. Naif Falah Mubarak Al-Hajraf juga mengutuk aksi pembakaran Al-Quran tersebut.

Baca Juga: Jumat ke-40, Aksi Pro-Palestina di Yaman Dihadiri Jutaan Orang

Dia memperingatkan, aksi tersebut akan mengobarkan dan memprovokasi umat Islam di seluruh dunia.

Ia juga menegaskan sikap tegas GCC yang menyerukan pentingnya menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi dan hidup berdampingan secara damai, serta menolak kebencian dan ekstremisme.

Sekjen GCC menyerukan kepada komunitas internasional untuk memikul tanggung jawab dalam menghentikan tindakan yang tidak dapat diterima tersebut.

Sebelumnya, Kesultanan Oman mengutuk keras aksi pembakaran Al-Quran oleh ekstremis di Swedia.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Forum Internasional Dai Asia Tenggara

Dalam pernyataan resminya, Ahad (22/1), Kementerian Luar Negeri Oman menekankan perlunya upaya internasional untuk mengonsolidasikan nilai-nilai toleransi dan koeksistensi, serta mengkriminalisasi semua tindakan yang mempromosikan ideologi kebencian dan menyinggung agama dan keyakinan.

Sementara Persatuan Kantor Berita OKI (UNA) di Jeddah Saudi mendesak otoritas Swedia untuk mengambil tindakan yang diperlukan terhadap para pelaku kejahatan rasial ini.

UNA menyerukan peningkatan upaya internasional untuk mencegah terulangnya kembali tindakan tersebut.(T/R1/P2)

 

Baca Juga: BMKG: Prakiraan Hilal Bulan Safar pada 4 dan 5 Agustus

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Indonesia
Dunia Islam
Indonesia
Internasional