Lantunan Merdu Ayat Suci Al-Quran di Masjid Silaturahim Cibubur

Oleh: Abu Bilal, Humas Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cibubur

Nuansa Ramadhan di Masjid Silaturahim Cibubur pada tahun ini 1443 Hiriyah begitu terasa kesejukan dalam hati. Lantunan ayat-ayat Allah selalu terdengar setiap hendak adzan berkumandang di masjid yang berlokasi dengan alamat lengkap di Kali Manggis – Taman Laguna, Jati Karya, Jati Sampurna, RT.001/RW.003, Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat ini.

Bukan hanya pada Ramadhan, bahkan jauh sebelum bulan ini pun baik pada bulan Rajab maupun Sya’ban, ayat-ayat suci Al-Quran sudah istiqomah dilantunkan melalui pengeras suara masjid mengiringi rangkaian rutinitas ibadah shalat berjamaah di sana. Bahkan dari Ramadhan tahun lalu lantunan ayat-ayat suci Al-Quran ini selalu dilantunkan menjadikan suasana syahdu di lingkungan Masjid Silaturahim.

Sesuai dengan namanya yang indah, Masjid Silaturahim mempunyai tujuan untuk menyambung tali silaturahim dengan para penduduk dan masyarakat di sekitarnya dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran melalui pengeras suara masjid tanpa mengganggu aktifitas masyarakat setempat.

Dengan adanya suara murottal Al-Quran yang dilantunkan setiap sebelum waktu adzan, maka Masjid Siaturahim yang berlokasi sebelah gedung Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cibubur itu memberikan kesempatan kepada para jamaah untuk menyiapkan diri sebelum menghadap panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebelum murottal Al-Quran, dilantunkan juga melalui pengeras suara masjid, yakni lantunan shalawat thibbil qulub, sholawat jibril, sholat asygilni dan sholawat lainnya sudah diputar menghiasi kampung Masjid Silaturahim.

Adapun surat-surat yang diputar di masjid adalah surat-surat yang sama yang selalu diputar setiap harinya. Adapun saat menjelang waktu imsak sebelum panggilan adzan subuh dikumandangkan, maka surat yang diputar adalah Surat Al-Waqi’ah. Pada saat menjelang adzan Dzuhur adalah Surat Ar-Rahman. Sementara menjelang shalat Ashar adalah Surat Al-Hasyr dan menjelang shalat magrib adalah Surat Al-Mulk. Adapun Khusus untuk magrib malam Jumat dan menjelang Shalat Jumat adalah Surat Yasin dan Al-Kahfi.

Ada satu kisah ketika menjelang shalat Dzuhur ketika masjid hendak menyetel murotal Al-Quran dan dimulai dengan membaca basmalah, maka salah satu ustaz Ma’had Khulafa Rasyidin Insan Mandiri Cibubur dengan spontan mengucapkan: “Ar Rahman. ‘Allamal Qur’an” dan ada ustaz lainnya yang mendengarkan itu tersenyum karena ternyata setelah itu benar saja di masjid juga yang diputar adalah surat Ar-Rahman.

Ini merupakan kebahagian yang dirasakan sendiri oleh masyarakat kampung Masjid Silaturahim yang memiliki cita-cita untuk menjadikan kampung sekitar Masjid Silaturahim sebagai kampung Qurani. Karena para ustaznya sudah hafal surat-surat yang diputar di masjid tersebut setiap harinya.(AK/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.