218 Tahanan Palestina Meninggal Akibat Kelalaian Medis di Penjara Israel

Ramallah, MINA – Jumlah tahanan Palestina yang meninggal di dalam penjara Israel akibat kelalaian medis telah mencapai 218.

Menurut sebuah laporan tahunan yang diterbitkan baru-baru ini yang dirilis Hamas yang dikutip MINA, Sabtu (9/2), sebanyak 750 tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel menderita sakit, termasuk sekitar 200 tahanan menderita penyakit serius.

Sebanyak 34 di antaranya didiagnosis menderita kanker serta 70 lainnya di antaranya menderita cacat fisik dan psikologis.

Laporan itu menambahkan, banyak tahanan yang sakit berada dalam kondisi kesehatan yang kritis dan membutuhkan operasi penyelamatan jiwa dan perawatan medis. Laporan mencatat, Layanan Penjara Israel dengan sengaja menolak para tahanan Palestina untuk mendapatkan perawatan medis.

Banyak tahanan Palestina yang ditembak dan terluka, ketika mereka ditangkap oleh pasukan Pendudukan Israel, laporan itu menunjukkan.

Perlu dicatat bahwa sorang tahanan Palestina Faris Baroud (51), yang ditahan di penjara Israel sejak 1991, meninggal pada hari Rabu lalu setelah ia ditolak mendapatkan perawatan medis, meskipun kondisinya kritis.

Kematian Baroud meningkatkan jumlah tahanan Palestina yang meninggal karena kelalaian medis di penjara-penjara Israel menjadi 218.(T/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)