Laporan: 5.000 Tentara Israel Terluka dalam Perang Gaza

Tentara Israel yang terluka dalam pertempuran di selatan tiba di Rumah Sakit Hadassah Ein Kerem di Yerusalem, 7 Oktober 2023. (Noam Revkin Fenton/Flash90)

, MINA – Lebih dari 5.000 terluka sejak awal perang di Gaza, dan 2.000 tentara Israel secara resmi diakui sebagai penyandang disabilitas oleh Kementerian Pertahanan Israel, menurut laporan surat kabar harian Yedioth Ahronoth.

Laporan tersebut menambahkan sekitar 60 tentara baru yang terluka didaftarkan setiap hari oleh Departemen Rehabilitasi Militer Israel, yang hanya mencakup anggota pasukan keamanan dan tentara cadangan dan tidak termasuk tentara reguler, yang menunjukkan bahwa jumlahnya bisa jauh lebih tinggi.

Pemerintah Israel bungkam mengenai jumlah korban tentara selama invasi ke Gaza, dengan ancaman tindakan keras terhadap kebebasan pers pada masa perang yang dilakukan oleh pemerintahan sayap kanan Benjamin Netanyahu.

Pernyataan resmi pemerintah Israel mengklaim bahwa lebih dari 200 tentara terluka selama invasi.

“Kami belum pernah mengalami hal serupa seperti ini. Lebih dari 58% korban luka yang kami terima mengalami luka serius pada tangan dan kaki, termasuk amputasi,” Limor Luria, Wakil Direktur Jenderal dan Kepala Departemen Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Israel, mengatakan kepada Yedioth Ahronoth.

“Sekitar 12% cedera bersifat internal yang terdiri dari kerusakan limpa, ginjal, dan pecahnya organ dalam,” kata Luria.

“Sekitar 7% menderita tekanan psikologis, jumlah tersebut kami tahu akan meningkat tajam,” tambah pejabat itu.

Pada hari Rabu, lembaga penyiaran publik Israel KAN News melaporkan ratusan tentara Israel menderita cedera mata parah, beberapa di antaranya kehilangan penglihatan pada satu atau kedua matanya.

Laporan KAN menambahkan bahwa setidaknya 40 tentara telah dirawat di rumah sakit di Pusat Medis Soroka Bersheeba sejak 7 Oktober karena cedera mata parah.

Setidaknya 420 anggota tentara dan pasukan keamanan Israel telah tewas sejak 7 Oktober, dengan 93 orang tewas selama invasi Gaza, menurut militer Israel.

Sejauh ini 17,487 warga Palestina telah tewas dan 46,480 orang terluka, sebagian besar di antaranya adalah warga sipil, sejak Israel memulai serangan gencarnya di Gaza. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)