Laporan Kongres: AS Segera Berikan Teknologi Nuklir Sensitif kepada Saudi

Washington, MINA – Sebuah laporan Kongres mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) sedang bergegas untuk mengirimkan “teknologi nuklir yang sangat sensitif” ke Arab Saudi, dengan Presiden Donald Trump “terlibat langsung” dalam upaya tersebut.

Komite Pengawasan dan Reformasi Dewan Perwakilan Rakyat merilis laporan 24 halaman pada hari Selasa (19/2), mendaftar tindakan yang diambil oleh administrasi Trump dalam upaya mencari dukungan perusahaan-perusahaan Amerika untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Arab Saudi.

Laporan itu menilai, tindakan Trump dapat meningkatkan risiko penyebaran teknologi senjata nuklir, demikian Press TV melaporkan yang dikutip MINA.

Laporan ini didasarkan pada akun pelapor dan dokumen yang menunjukkan komunikasi antara pejabat administrasi Trump dan perusahaan tenaga nuklir.

“Para ahli khawatir bahwa mentransfer teknologi nuklir AS yang sensitif dapat memungkinkan Arab Saudi memproduksi senjata nuklir yang berkontribusi pada proliferasi senjata nuklir di Timur Tengah yang sudah tidak stabil,” kata laporan itu. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)