Laporan Radio: Israel Akan Izinkan Generator Masuk ke Gaza

Warga menggunakan lilin sebagai penerangan saat malam hari. (Foto: dok. Electronic Intifada)

Yerusalem, MINA – Pemerintah akan mengizinkan generator pembangkit listrik masuk ke Jalur Gaza untuk meredakan krisis listrik di wilayah terblokade itu, Radio Israel melaporkannya hari Kamis (1/2).

Persetujuan tersebut dijanjikan oleh pejabat Israel pada Rabu dalam sebuah pertemuan darurat di Brussels dengan sebuah komite internasional untuk Palestina.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah menteri dari Israel dan Mesir, serta Perdana Menteri Palestina dan seorang pejabat senior Amerika Serikat, demikian Times of Israel melaporkan.

Laporan radio tersebut juga mengatakan, Israel mengizinkan masuknya generator ke Gaza, tapi juga meminta jaminan pengamanan untuk memastikan alat itu tidak disalahgunakan oleh Hamas dan kelompok lainnya.

Menteri Kerja Sama Regional Israel Tzachi Hanegbi mengatakan kepada wartawan, Israel memiliki rencana untuk serangkaian proyek seperti perluasan jaringan listrik, pengolahan limbah dan pabrik desalinasi untuk Jalur Gaza yang miskin, tapi dengan dana uang internasional.

Sehari sebelumnya, Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan, tujuh pusat medis telah menghentikan layanannya karena kekurangan bahan bakar untuk pembangkit listrik. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.