Lavrov: Rusia dan Korea Utara Perkuat Kerja Sama Lawan Tekanan Barat

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. (Anadolu Agency)

Vladivostok, MINA – dan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK/) bersiap menjalin kemitraan yang tangguh dan tahan terhadap tekanan Barat, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada Rabu (13/9).

Hal ini menyusul pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin DPRK di Timur Jauh Rusia. Kedua pemimpin bertemu di Kosmodrom Vostochny, sebuah pelabuhan antariksa Rusia sekitar 1.000 kilometer dari Vladivostok.

Dikutip dari Al-Mayadeen, dalam wawancara yang disiarkan televisi dengan saluran Russia-1, Lavrov menekankan komitmen kedua negara untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan dan terlindung dari pengaruh Barat yang melanggar hukum.

“Kami dan Korea Utara akan mengembangkan, sebagaimana ditegaskan oleh para pemimpin kami hari ini, kerja sama yang saling menguntungkan dan tidak rentan terhadap tekanan ilegal dari Barat,” kata Lavrov.

Baca Juga:  Bangladesh, Gambia Harap Penyelesaian Cepat Kasus Genosida Rohingya di Myanmar

Kunjungan resmi Kim ke Rusia, atas undangan Presiden Putin, ditandai dengan delegasi tingkat tinggi dan pertemuan komprehensif di Kosmodrom Vostochny di Wilayah Amur.

Perundingan yang berlangsung kurang lebih enam jam tersebut, termasuk diskusi selama empat jam antara kedua pemimpin. Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua Kim Jong Un ke Rusia, setelah kunjungan sebelumnya dilakukan pada tahun 2019.

“Bagaimanapun, pertemuan kita diadakan pada waktu yang sangat istimewa. Baru-baru ini, Republik Demokratik Rakyat Korea merayakan 75 tahun berdirinya. Selama 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antarnegara kita. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa itu adalah pertemuan yang sangat penting. Adalah negara kami yang pertama mengakui negara merdeka yang berdaulat – Republik Demokratik Rakyat Korea,” kata Putin di awal pertemuan. (T/RI-1/B04)

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.