Lebanon, Rusia dan Suriah Bahas Pengungsi

Beirut, MINA – Pertemuan tentang file pengungsi Suriah di Lebanon diadakan antara Menteri Sosial Lebanon Sementara Ramzi Msharrafieh, Duta Besar Rusia untuk Lebanon Alexander Rudakov dan Duta Besar Suriah di Lebanon Ali Abdul Karim Ali, MTV melaporkan, Rabu (24/3).

MTV tidak menyebutkan kapan pertemuan itu berlangsung, tetapi mengatakan, ketiga pria itu membahas pemulangan pengungsi Suriah sesuai dengan rencana yang disetujui oleh pemerintah Lebanon.

Pembicara menegaskan dukungannya terhadap rencana tersebut dan kebutuhan untuk mengaktifkannya guna mengembalikan pengungsi yang sukarela dan bermartabat, terutama kini sebagian besar desa di Suriah telah aman untuk kembali, kata MTV.

Mereka menekankan fasilitas yang disediakan oleh negara Suriah yang memberikan kontribusi besar untuk mengamankan kondisi kepulangan.

MTV mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan, koordinasi sedang berlangsung antara pihak Rusia, pemerintah Suriah melalui menteri terkait dan pihak keamanan, dan Negara Lebanon melalui Msharafieh dan Direktorat Keamanan Umum, sampai solusi tercapai dalam koordinasi dengan komunitas dan organisasi internasional.

Lebanon, sebuah negara Mediterania kecil dengan populasi sekitar 5 juta, menampung konsentrasi pengungsi per kapita tertinggi, diperkirakan sekitar 1 juta. Sebagian besar dari mereka tinggal di permukiman tenda darurat tidak resmi yang tersebar di Bekaa Lebanon, tidak jauh dari perbatasan Suriah. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)