Lebih 2.000 Siswa Madrasah Ikuti Aksioma-KSM 2017

Yogyakarta, MINA – Ajang Kompetisi Sains Olahraga Madrasah (Aksioma), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Madrasah Expo tahun 2017 diikuti lebih dari 2.000 siswa madrasah.

“Mereka adalah siswa terbaik yang telah lulus seleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat memberikan keterangan pers di  Stadion Krida Mandala Yogyakarta, Senin (7/8). “Juga dihadiri lebih dari seribu guru pendamping.”

Dikutip dari rilis , menurut Kamaruddin, Aksioma akan mempertandingkan sejumlah lomba, antara lain: pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia, kaligrafi, musabaqah tilawatil quran, hifdzil qur’an, hadroh, futsal, tenis meja, dan  bulu tangkis.  Aksioma diselenggarakan dua tahun sekali.

Sementara KSM dilaksanakan setiap tahun. Sejumlah ajang yang dilombakan antara lain matematika, kimia, fisika, biologi, ekonomi, dan geografi. KSM ini dicirikan dengan adanya proses integrasi  sains dan agama Islam.

Kementerian Agama juga membuka pendaftaran secara terbuka bagi sekolah-sekolah umum. Namun,  hanya beberapa sekolah umum yang mendaftar.

“Besar kemungkinan hal ini disebabkan karena pengintegasian antara sains dan agama Islam yang memberatkan  sekolah umum untuk mengikutinya,” ujar Kamaruddin.

Dikatakan Kamaruddin, ada hal yang berbeda dari penyelenggaraan kegiatan tahun ini, yaitu pemanfaatan IT. Tahun ini, semua proses dilakuan berbasis IT, mulai dari pendaftaran, validasi kepesertaan dan semua yang menyangkut kompetisi sudah dilakukan berbasis IT.

“Dengan kata lain, dapat terpantau mudah  melalui intenet,” tandasnya. (R/R05/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.