Lebih 347 Ribu Orang Masuk Islam di Arab Saudi dalam Lima Tahun Terakhir

(Foto: Istimewa)

Riyadh, MINA – Kementerian Urusan Dakwah dan Bimbingan mengungkapkan, sebanyak 347.646 orang tela memeluk Islam selama kurun waktu lima tahun terakhir.

Kementerian melaporkan sebagaimana dikutip Saudi Gazette, Ahad (21/1), pencapaian ini difasilitasi oleh 423 dai asing Kementerian dan 457 lembaga dakwah yang tersebar di berbagai wilayah Kerajaan.

Laporan Kementerian menunjukkan peningkatan konversi yang konsisten, dengan 21.654 pada 2019, meningkat menjadi 163.319 pada tahun lalu.

Inisiatif ini merupakan bagian penting dari komitmen Kementerian untuk memperkenalkan Islam kepada non-, mempromosikan prinsip-prinsip toleransi, dan mengatasi kesalahpahaman tentang agama.

Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi pada November 2023 lalu mengkonfirmasi, lebih dari 56 ribu orang menjadi sepanjang 2023. Jumlah mualaf laki-laki 41.609 orang dan mualaf perempuan 14.952 orang.

Arab Saudi adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad, tempat diturunkannya Al Quran dan tempat dimulainya peradaban Islam. Menurutnya selama berabad-abad, Arab Saudi terus berkomitmen terhadap Islam dan Muslim.

Terbaru, bahkan dengan konstitusi negara yang menegaskan bahwa negara (Arab Saudi) harus memelihara aspirasi, solidaritas dan harmoni bangsa Arab dan Muslim serta memperkuat hubungan dengan negara sahabat.

Sementara itu, meningkatnya jumlah pemeluk agama Islam, tidak lepas dari upaya Kementerian Agama, Dakwah, dan Bimbingan. Tercatat bahwa metode mengundang mereka ke Islam bervariasi, termasuk kuliah, pidato bimbingan, pelajaran akademik, seminar, lokakarya, inisiatif, dan tur.

Upaya para pengkhutbah, yang berbicara bahasa yang berbeda, di bidang undangan Islam telah berhasil di berbagai bidang, termasuk perusahaan, rumah sakit, dan tempat berkumpulnya pekerja migran.

Sementara populasi non-Muslim di Arab Saudi kebanyakan adalah pekerja asing. Mereka berasal dari berbagai negara, ada India, Filipina, Nepal, Sri Lanka, dan Amerika Serikat.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.