LEBIH DARI 26 JUTA JAMAAH KUNJUNGI MASJIDIL HARAM SELAMA RAMADHAN DAN IDUL FITRI

Gubernur Makkah telah mengungkapkan bahwa Masjidil Haram telah menerima lebih dari 26 juta jamaah dan peziarah selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. (OnIslam)
Gubernur Makkah telah mengungkapkan , telah menerima lebih dari juta jamaah dan peziarah selama bulan suci dan . (Foto: OnIslam)

Kairo, 17 Syawwal 1436/3 Agustus 2015 (MINA) – Gubernur Makkah telah mengungkapkan bahwa Masjidil Haram telah menerima lebih dari 26 juta jamaah  selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

“Jumlah penumpang adalah 26.729.709, meningkat lebih dari 4,6 persen dibanding tahun lalu,” ujar Hisyam Al-Faleh, Penasehat Gubernur Makkah dan Pengawas Umum Pembangunan Perkotaan Makkah.

Sejumlah besar jamaah menikmati akses mudah menuju masjid berkat pengaturan transportasi lancar di bawah bimbingan Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, demikian media lokal Arab News melaporkan sebagaimana dikutip On Islam dan  Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (3/8).

Al-Faleh mengatakan, sekitar 1,7 juta kendaraan menggunakan area parkir di pintu masuk Makkah dan daerah pusat, sementara 6,6 juta kendaraan ditekan menjadi layanan untuk pemindahan barang dan antar jemput para jamaah.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan tahun lalu. Al-Faleh menjelaskan, lima perusahaan transportasi menjadi pelaksana tugas transportasi menuju Masjidil Haram.

Sejumlah besar jamaah juga diperkirakan akan mengunjungi Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah tahunan haji di sekitar akhir September.

Pemerintah Saudi telah menghabiskan dana lebih dari 20 miliar Dolar AS untuk merenovasi dan memperluas situs suci Islam itu guna mengakomodir lebih banyak jamaah yang berkunjung. (T/P007/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0