Lebih Dekat dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (8)

Oleh Bahron Ansori, jurnalis MINA

Malam Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Meningkatkan Ibadah Di Bulan Ramadhan

Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan. Dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah saat bulan Ramadhan ketika Jibril alaihissalam datang menemui Beliau. Dan Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur’an) hingga Al Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Apabila Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus”. (HR. Bukhari)

Cara Rasulullah Shalat Di Bulan Ramadhan

Dari Abu Salamah bin ‘Abdur Rahman bahwa dia bertanya kepada ‘Aisyah radliallahu ‘anhu, “Bagaimana tata cara shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pada bulan Ramadlan?” ‘Aisyah radliallahu ‘anhu menjawab, “Beliau shalat (sunnah qiyamul lail) pada bulan Ramadlan dan bulan-bulan lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat raka’at, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat lagi empat raka’at, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat tiga raka’at. Aku pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah baginda tidur sebelum melaksakan shalat witir?” Beliau menjawab, “Mataku memang tidur tapi hatiku tidaklah tidur.” (HR. Bukhari).

Meningkatkan Ibadah di 10 Akhir Ramadhan

Dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bila memasuki sepuluh akhir (dari bulan Ramadhan), Beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya dengan ber’ibadah dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari).

Membangunkan Keluarga untuk Ibadah

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, dia berkata, “Jika tiba sepuluh hari yang terakhir, beliau menghidupkan malam hari (untuk beribadah), beliau membangunkan keluarganya dan bersungguh-sungguh (beribadah) serta mengencang kan kainnya.” (HR. Muslim)

Umrah dan Haji Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Mencontohkan Manasik Haji

Ibnu Ishaq berkata, “Ketika Umrah Qadha, Kaum Quraisy menyebarkan berita bohong, bahwa dan para sahabatnya sedang menghadapi kesukaran, kesulitan dan kepayahan. Ia berkata, Saat itu kaum Musyrikin Quraisy berbaris di pintu Darun-Nadwah, ingin melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabatnya. Setibanya di Mekkah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam langsung masuk ke dalam masjid al-Haram, kemudian duduk menghamparkan burdahnya dan sambil mengangkat tangan kanannya lalu beliau berucap,

“Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada orang ynag hari ini dapat menyaksikan kekuatan yang datang dari hadhirat-Nya.” Kemudian beliau mencium Hajar Aswad, lalu berjalan cepat bersama para sahabatnya mengelilingi Ka‘bah. Dalam thawaf ini beliau berlari kecil tiga keliling dan selebihnya berjalan biasa. Ibnu Abbas berkata, “Orang-orang mengira bahwa hal itu bukan sunnah umum, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melakukan hal itu sekedar untuk membantah desas-desus yang disebarkan oleh orang-orang Quraisy tersebut. Tetapi pada haji wadah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga melakukannya sehingga hal ini menjadi sunnah. (Sirah Al Buthy).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Umrah 4 Kali

Dari Anas radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah umrah empat kali, yang semuanya dilakukan pada bulan Dzul Qa’dah, kecuali umrah yang menyertai haji beliau, Pertama, umrah pada masa Hudaibiyah di dalam bulan Dzul Qa’dah. Kedua, umrah pada tahun berikutnya juga di bulan Dzul Qa’dah. Ketiga, umrah dari Ji’ranah ketika beliau membagikan harta rampasan perang Hunain, juga di bulan Dzul Qa’dah, dan keempat, umrah yang menyertai haji beliau (tidak di bulan Dzul Qa’dah).” (HR. Muslim).

Rasulullah Naik Haji 1 Kali

Abu Ishaq dia berkata; Telah menceritakan kepadaku Zaid bin Arqam bahwaNabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah berperang sebanyak sembilan belas peperangan. Dan beliau melaksanakan haji setelah hijrah sebanyak satu kali, beliau tidak melaksanakan haji wada’ setelah itu. Abu Ishaq berkata; dan beliau juga pernah melaksanakan haji ketika beliau berada di makkah. (HR. Bukhari)

(R02/P4)

Sumber: Ar Rasul, karya Said Hawwa

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.