Lembaga Perdamaian HWPL Andil Dalam Perdamaian Lintas Agama di Indonesia

di Makasar

Jakarta, 3 Rabi’ul Akhir 1438/2 Januari 2017 (MINA) – Lembaga perdamaian Internasional Heavenly Culture, World Peace, Restoration of Light (HWPL) berupaya untuk terus ikut andil dalam perdamaian lintas di Indonesia.

“Kantor Perdamaian Aliansi Agama-Agama di dunia (WARP) rutin diadakan di Indonesia di mana pemimpin agama dari berbagai agama datang bersama untuk menemukan jawaban dalam kitab suci mereka dari Medan, Makasar dan Surabaya,” sebagaimana rilis yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam surat pernyataan itu menyebutkan, setidaknya ada 103 pemimpin agama sejak 2015 telah berpartisipasi dengan mengunjungi kantor WARP yang telah tersebar di lebih 90 dari 193 negara.

“Orang yang beragama berkumpul di kantor WARP menjadi satu, dan mereka melakukan studi perbandingan agama. Ini memang yang harus dilakukan” kata Ketua HWPL Man-hee Lee.

Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (), kata HWPL, telah tiga kali mengunjungi kantor WARP di Makasar dengan mengatakan, ” “Kita harus menemukan cara yang handal didasarkan pada kitab suci masing-masing agama untuk mencapai perdamaian. Kita harus belajar apa yang penting dalam setiap kitab suci,” kata salah seorang anggota PGI yang juga mendukung aktivitas Kantor WARP.

Sementara itu, Kasunosu Darianto Sekretaris dialog Asia-Timur di Indonesia hadir ke Kantor WARP di Surabaya tiga kali menyampaikan, “Saya berpikir, jika kita dapat menemukan konten inti dari setiap masalah, kita akan bisa mendapatkan bersama-sama, saya akan bergabung dalam pencarian untuk kitab suci yang terpercaya untuk menemukan apa yang sedang terjadi,” katanya

Lee juga sebelumnya membuat perjanjian perdamaian sipil antara Katolik dan Islam di pulau Mindanao di Filipina, yang dianggap sebagai daerah konflik terbesar di Asia. Ia memainkan peran penting dalam mengakhiri konflik berdarah 40 tahun, membawa sekitar satu perjanjian perdamaian resmi antara pemerintah dan lain-lain.(L/P3/RS3)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)