Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Libya Gabung dengan Afsel Adukan Genosida Israel ke ICJ

Arina Islami - Sabtu, 11 Mei 2024 - 23:53 WIB

Sabtu, 11 Mei 2024 - 23:53 WIB

5 Views

Den Haag, MINA – Libya baru-baru ini mengajukan deklarasi bahwa negara itu bergabung dengan Afrika Selatan (Afsel) yang mengadukan genosida Israel di Jalur Gaza kepada Mahkamah Internasional (ICJ).

ICJ di Den Haag membenarkan hal tersebut dalam melalui keterangan tertulis yang dipublikasi melalui platform X, Jumat (10/5).

Dalam unggahan itu, ICJ mengatakan bahwa Libya mengajukan deklarasinya “karena mereka percaya bahwa tindakan dan kelalaian Israel bersifat genosida, karena mereka berkomitmen dengan maksud khusus untuk menghancurkan warga Palestina di Gaza sebagai bagian dari kelompok nasional, ras dan etnis Palestina yang lebih luas.

Al Mayadeen melaporkan, Kedutaan Besar Libya di Belanda mengatakan pihak Libya sedang menunggu tanggal 10 Juli 2024 mendatang karena ini adalah batas waktu bagi Afsel dan entitas pendudukan Israel untuk menyampaikan pengamatan tertulis mereka mengenai permintaan Libya.

Baca Juga: Erdogan Sebut Kongres AS ”Tak Tahu Malu” Undang Netanyahu Pidato

Sementara itu, Hamas mengatakan mereka menghargai keputusan Libya untuk bergabung bersama Afsel melawan “Israel” di hadapan ICJ.

Hamas menganggapnya “sebagai konfirmasi atas sikap tulus rakyat Libya dalam mendukung rakyat Palestina yang menjadi sasaran pembantaian paling keji yang dilakukan oleh Israel, mesin pembunuh.”

Kelompok Perlawanan Palestina itu mendesak semua negara di dunia untuk berupaya mengisolasi entitas jahat ini dari sistem dan hukum internasional dan mendesak penghentian kejahatan mereka terhadap warga sipil di Jalur Gaza, dan di mana pun di tanah Palestina.

Hamas juga menyerukan semua pihak untuk mendukung segala cara untuk meminta pertanggungjawaban pendudukan dan mengadili para pemimpin Israel sebagai penjahat perang. []

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kelompok Pro Palestina di Prancis Rencanakan Aksi Protes di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Rekomendasi untuk Anda