Liga Arab Akan Adakan Pertemuan Virtual Bahas Aneksasi Tepi Barat

Kairo, MINA – pada Senin (27/4) mengatakan akan mengadakan pertemuan virtual mendesak pekan ini, untuk membahas bagaimana menggalang penentangan terhadap rencana Israel yang menganeksasi bagian Tepi Barat.

Pertemuan luar biasa itu dijadwalkan akan dilakukan pada Kamis (30/4) atas permintaan kepemimpinan Palestina, Arabnews melaporkan.

Para menteri luar negeri Arab akan mengadakan konferensi video, sebab pertemuan tatap muka tidak dapat dilakukan karena pandemi global virus corona (COVID-19).

Wakil sekretaris Liga Arab Hossam Zaki mengatakan, para menteri akan membahas dukungan politik, hukum dan keuangan kepada para pemimpin Palestina dalam menghadapi rencana Israel.

Sementara Ketua Liga Arab Ahmed Ahmed Aboul Gheit pekan lalu telah mengirim pesan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang memperingatkan rencana Israel berisiko “memicu ketegangan di kawasan itu.”

Dia juga menuduh Israel memanfaatkan perhatian dunia dengan COVID-19 untuk memperluas permukiman ilegal di Tepi Barat yang didudukinya.

Rencana Israel untuk mempercepat aneksasi dalam beberapa bulan mendatang di wilayah Tepi Barat, terjadi setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan saingan politiknya Benny Gantz menandatangani kesepakatan untuk pemerintah persatuan yang dapat mempercepat rencana itu.

Rencana-rencana Israel itu telah menuai banyak kritik termasuk dari PBB dan Uni Eropa. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)