Liga Arab Akan Adukan Iran ke DK PBB

. (Foto: Quora.com)

Kairo, MINA – Para menteri luar negeri negara-negara Liga Arab yang bertemu di Kairo, Mesir, pada Ahad (19/11), berencana mengadukan ke Dewan Keamanan PBB.

Dalam sebuah resolusi, para negara anggota menyampaikan sebuah kritikan terhadap Iran dan sekutu Lebanonnya, Hizbullah. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA,

Mereka menganggap Teheran membuat kawasan Timur Tengah tidak stabil, terutama dukungan Iran terhadap pemberontak Houthi di Yaman.

Langkah kongkret yang mungkin akan diambil oleh setiap negara adalah satelit telekomunikasi Arab akan melarang stasiun televisi yang didanai Iran.

“Kami tidak mengumumkan perang terhadap Iran pada tahap ini,” kata ketua Liga Arab Ahmed Abul Gheit. “Kami belum mengambil keputusan untuk meminta Dewan Keamanan untuk bertemu, tapi kami hanya memberi tahu dewan tersebut.”

Lebanon dan Irak menyatakan keberatan mereka mengenai bagian dari resolusi yang keras, termasuk salah satu poin yang mengecap Hizbullah sebagai “organisasi teroris”.

Baik Irak maupun Lebanon diwakili oleh pra diplomat senior dalam pertemuan itu, bukan menteri luar negeri mereka. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)