Liga Arab Akan Garap Produksi Film Dokumenter Pelanggaran Israel di Al-Aqsha

Polisi Israel di kawasan Al-Aqsha. (Aljazeera)

Al-Quds, 28 Jumadil Awwal 1438/26 Februari 2017 (MINA) – Direktur Jenderal Organisasi Pendidikan Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Liga Arab (ALECSO) Abdullah Muhareb berjanji akan membuat sebuah film dokumenter tentang pelanggaran berulang Israel di Masjid Al-Aqsha, Kota Al-Quds Palestina.

Pernyataan itu disampaikan Muhareb saat bertemu Perwakilan OKI untuk Palestina Ahmad Arrewadie di Kota Al-Quds, Ahad, demikian Kantor Berita Palestina Al-Ray memberitakannya.

Muhareb mengatakan, pembuatan film dokumenter tersebut akan melibatkan berbagai pihak Arab dan Islam yang terkait hal ini.

“Bekerja sama dengan radio dan TV Saluran Arab kami akan menghasilkan sebuah film dokumenter tentang Masjid Al-Aqsha dan pelanggaran-pelanggran Israel [di masjid itu],” kata Muhareb.

Dia juga akan membuat proyek penerbitan laporan dan media yang mendokumentasikan pelanggaran Israel di Palestina khususnya Kota Al-Quds.

Saat pertemuan itu, Muhareb berdiskusi dengan Arrewadie mengenai kondisi terkini Masjid Al-Aqsha di bawah pendudukan Israel.

Arrewadie menjelaskan kepada Muhareb berbagai pelanggaran berulang kali dilakukan Israel di Masjid Al-Aqsha, menodai tempat-tempat suci Islam di lingkungan masjid, daerah Istana Umayyah, dan merusak Pemakaman Muslim BersejarahArrahmah.

Arrewadie juga menjelaskan dampak berbahaya dari terowongan yang digali Israel di bawah Masjid Al-Aqsha.

Dia menyebutkan proyek Israel di Istana Umayyah, yang mencerminkan kesembronoan Israel dan pengabaian dari resolusi Internasional, terutama Resolusi 2253.

“Israel juga melakukan pelanggaran berulang di Pemakaman Arrahmah, menghancurkan kuburan Muslim dan melarang pemakaman pada lahan 40% dari wilayahnya,” jelasnya.

Mereka juga membahas rencana Israel untuk membagi Masjid Al-Aqsha bagi umat Islam dan Yahudi secara tempat dan waktu. (T/R01/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)