Liga Arab Bentuk Mekanisme Multilateral untuk Perdamaian

, MINA – Dewan Liga Negara-negara Arab pada tingkat menteri luar negeri pada hari Kamis (1/2) memutuskan untuk bekerja sama dengan aktor internasional guna membentuk mekanisme internasional multilateral di bawah payung untuk mensponsori proses perdamaian.

Pertemuan di Kairo tersebut membahas tindakan kolektif dalam menanggapi keputusan Amerika Serikat (AS) yang mengakui sebagai ibukota Israel, WAFA memberitakan yang dikutip MINA.

Dewan tersebut meminta diadakannya konferensi internasional untuk meluncurkan kembali proses perdamaian yang kredibel dan terikat waktu berdasarkan keputusan masyarakat internasional, solusi dua negara dan perbatasan tahun 1967.

Para menteri luar negara Arab meminta semua negara untuk tidak membangun misi diplomatik di Yerusalem sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB 478 tahun 1980, yang juga menekankan bahwa pertanyaan tentang Yerusalem adalah salah satu masalah status akhir yang harus diselesaikan melalui negosiasi sesuai dengan resolusi UNSC yang relevan.

Mereka juga menegaskan dukungan penuh untuk Negara dalam mencapai keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan memutuskan untuk memobilisasi dukungan internasional yang diperlukan untuk Palestina agar mencapai keanggotaan ini. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)