Liga Arab Jamin Dukungan Penuh untuk Lebanon di Saat Krisis

Sekretaris Jenderal Liga negara-negara Arab, Ahmed Aboul Gheit (Foto: File)

Aljir, MINA – Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan bahwa badan yang dipimpinnya mendukung penuh pemerintah Lebanon.

Jaminan itu Gheit sampaikan kepada Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati di Aljazair menjelang KTT Arab ke-31.

Aboul Gheit lebih lanjut menekankan pentingnya melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk mengadakan pemilihan presiden Lebanon tepat waktu.

Lebanon secara resmi memasuki kekosongan presiden pada hari Selasa (1/11), Arab News melaporkan.

Bendera Lebanon diturunkan menjadi setengah tiang di Istana Kepresidenan Baabda dan sebuah memorandum dikeluarkan untuk menurunkan foto mantan Presiden Michel Aoun dari kantor dan aula di departemen resmi, mengikuti protokol yang diadopsi pada akhir masa jabatan presiden.

Pejabat Arab dan internasional mengulangi seruan mereka untuk memilih pengganti Aoun sesegera mungkin guna mencegah kekosongan kekuasaan yang berkepanjangan.

Uni Eropa pun menarik kembali sanksi yang dapat diambil terhadap individu atau entitas yang akan mencegah Lebanon keluar dari krisisnya.

Mikati bertemu Sheikh Mohammed bin Mubarak Al Khalifa, perwakilan khusus Raja Bahrain, di hadapan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Al-Zayani dan Menteri Luar Negeri Lebanon Abdullah Bou Habib.

“Lebanon mencari hubungan terbaik dengan saudara-saudara Arab,” kata Mikati. Dia menyerukan orang-orang Arab untuk “memahami situasi Lebanon dan membantu Lebanon.” (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.