Liga Arab Kutuk Serangan Pemukim Ekstrimis Yahudi ke Desa Al-Mughir

Kairo, MINA – Liga Arab mengutuk keras serangan para pemukim ekstrimis Yahudi ke Al-Mughir, sebuah desa dekat Ramallah, yang menyebabkan satu warga Palestina meninggal dunia dan melukai puluhan lainnya.

Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab untuk Urusan Wilayah Arab dan Palestina, Said Abu Lai menyerukan kepada masyarakat internasional dan PBB guna menghentikan sikap diamnya, demikian Palinfo mengatakan yang dikutip MINA, Senin(28/1).

Abu Ali mengatakan, kejahatan pembunuhan setiap hari yang dilakukan Otoritas Pendudukan Israel, menegaskan terjadinya eskalasi yang terus dipaksakan.

Menurutnya, provokasi dan sikap diam internasional, serta dukungan Amerika Serikat mendorong Otoritas Pendudukan Israel melancarkan tindakan-tindakan permusuhannya terhadap bangsa Palestina yang kini sedang terisolir.

“Insiden di desa Al-Mughir berupa pembunuhan di lapangan dan penggunaan peluru tajam. Ini merupakan pendahuluan bagi kampanye pemilu Israel, di mana pihak ekstrimis berlomba di Tel Aviv untuk menumpahkan darah Palestina,” ujar Abu Ali.

Dia meminta masyarakat internasional menunaikan tanggungjawabnya dan memberikan perlindungan internasional. Dia juga mengharapkan mereka dapat menekan Israel untuk dapat berkomitmen pada hukum dan aturan internasional yang berlaku, seperti resolusi-resolusi PBB dan HAM, serta hak-hak Palestina.

Warga Palestina menggelar aksi unjuk rasa damai di desa Al-Mughir yang terancam disita oleh otoritas Israel. Mereka memprotes pembangunan pos permukiman ilegal di kawasan timur desa, yang berdekatan dengan permukiman Yahudi Adi Aad, tempat konsentrasi pemukim ekstrimis Yahudi untuk menyerang desa itu setiap saat.(T/ayu/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)