Liga Arab, OKI Tegaskan Pentingnya Mendukung Palestina

Kairo, MINA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit bertemu dengan Sekjen Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Dr. Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen di Kairo ibukota Mesir, Selasa (14/8).

Selama pertemuan, kedua belah pihak membahas perkembangan terbaru tentang masalah Palestina dan pentingnya upaya koordinasi antara kedua organisasi untuk mendukung posisi Palestina, demikian laporan UNA-OIC.

Juru Bicara Sekjen Liga Arab Duta Besar Mahmoud Afifi mengatakan, dalam sebuah pernyataan, pada pertemuan itu juga membahas isu-isu dan tantangan yang paling penting, terutama bahwa semua negara anggota Liga Arab, pada saat yang sama, anggota aktif OKI.

Hal ini selain tumpang tindih banyak bidang dalam pekerjaan kedua organisasi di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Afifi mengatakan, pertemuan kedua Sekjen tersebut berfokus pada perkembangan isu Palestina dan pentingnya mengoordinasikan upaya untuk mendukung posisi Palestina di kancah internasional dan memastikan dukungan dari sejumlah besar negara dalam permasalahan Palestina.

“Pertemuan itu juga menekankan perlunya mendukung Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) untuk mengatasi krisis keuangannya dan memastikan pendanaan berkelanjutan untuk operasinya.” ujarnya.

Afifi menjelaskan pertemuan itu lebih lanjut menyentuh krisis di kawasan Arab, menunjukkan bahwa Aboul-Gheit dan Al-Othaimeen menekankan pentingnya bekerja untuk memperkuat hubungan yang ada antara kedua organisasi untuk memastikan tindakan yang efektif di tingkat internasional untuk mencapai kepentingan kedua negara Arab dan Muslim di berbagai bidang. (T/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)