Liga Arab: Penting Bahas Isu Tawanan Arab di Israel

Al-Quds, 6 Rajab 1437/16 April 2016 (MINA) – mengatakan, persoalan tawanan menjadi isu prioritas di forum-forum internasional dan menggunakan segala sarana mengakhiri penderitaan yang dialami tawanan Palestina sehingga mereka segera dibebaskan.

Keterangan yang dikeluarkan oleh Divisi Palestina dan Tanah Terjajah di Liga Arab menegaskan, dalam rangka memperingati Hari Tawanan Arab Palestina, persoalan tawanan Arab di penjara akan tetap menjadi masalah utama sampai mereka semuanya dibebaskan, The Palestinian Information Center (PIC) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Liga Arab meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel agar membebaskan seluruh tawanan Palestina dan memaksa mereka menerapkan resolusi-resolusi International, Qudspress melaporkan.

Selain itu, Liga Arab juga meminta agar kejahatan-kejahatan dan pelanggaran Israel terhadap tawanan bisa ditindaklanjuti dari sisi hukum untuk diadukan ke badan internasional yang berwenang.

Dalam keterangannya Liga Arab mengungkapkan, Israel saat ini menahan lebih dari 7 ribu tawanan, 700 tawanan administratif yang ditahan tanpa ada proses pengadilan, 480 tawanan anak-anak dan 68 tawanan wanita, serta 6 tawanan dari aleq Palestina yang terbagi di 25 penjara.

Rakyat Palestina memperingati Hari Tawanan Palestina pada 17 April setiap tahunnya yang sudah ditetapkan oleh Dewan Nasional Palestina tahun 1974 dalam pertemuan rutin tahunannya.

Tanggal itu juga merupakan hari nasional untuk membela tawanan Palestina dan pengorbanan mereka. Hari tersebut menjadi hari penting dan menyatukan upaya untuk membela dan mendukung hak-hak mereka untuk bebas. (T/P011/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.