Liga Arab Peringatkan Upaya Israel Lenyapkan Identitas Palestina

Kairo, MINA, – Liga Arab pada hari Ahad (20/10) memperingatkan  upaya-upaya Israel untuk melenyapkan identitas Palestina dengan menargetkan proses pendidikan.

Hal ini disampaikan Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, Presiden Sektor Palestina, Said Abu Ali, pada pembukaan pertemuan bersama ke-29 antara pejabat pendidikan dari Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA dan Dewan Urusan Pendidikan untuk rakyat Palestina.

Abu Ali mengatakan bahwa upaya pendudukan Israel, menargetkan proses pendidikan rakyat Palestina, Quds Press melaporkan.

Dia menjelaskan, pertemuan itu diadakan sehubungan dengan “perang habis-habisan Israel melawan kehadiran dan hak-hak Palestina dan upaya otoritas pendudukan Israel untuk memaksakan keinginannya .”

Dia menunjukkan terus terjadi peningkatan nyata serbuan orang-orang Yahudi dan kelompok-kelompok permukiman pada Masjid Al-Aqsa selama liburan Yahudi ini.

Liburan Yahudi akan berakhir pada akhir Oktober di tengah pembatasan ketat yang diberlakukan oleh pasukan pendudukan atas masuknya warga Palestina ke Al-Aqsa.

Pada saat yang sama, pejabat tinggi Liga Arab itu mengutuk upaya untuk melikuidasi UNRWA, yang memberikan peran vital untuk melayani para pengungsi Palestina.

Ia menyerukan dunia untuk memperluas mandatnya “sesuai dengan mandat aslinya” sehingga masyarakat internasional dapat menerapkan resolusi pada hak-hak pengungsi Palestina, terutama resolusi 194.

Abu Ali menyerukan untuk mengungkap pelanggaran Israel yang sedang berlangsung dan menghasilkan rekomendasi yang berkontribusi pada kemajuan proses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan untuk Palestina. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)