Liga Arab Sambut Kesepakatan Perdamaian Libya di Maroko

Kairo, MINA- Liga Arab menyambut baik kesepakatan yang dicapai oleh delegasi Dewan Tinggi Negara dan Dewan Perwakilan Libya pada babak baru Dialog Libya tentang penyatuan lembaga negara tersebut dan pemegang pos kedaulatan, yang digelar pada 22-23 Januari 2021 di Bouznika, Maroko.

Liga Arab mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan Kantor Berita OKI, Selasa (26/1), kemajuan penting ini akan membantu menyelesaikan krisis Libya dan memajukan proses penyelesaian yang disponsori PBB.

Penyelesaian tersebut terutama mengenai pembentukan kekuatan eksekutif baru, penyatuan lembaga-lembaga Libya, pelaksanaan ketentuan gencatan senjata. kesepakatan dan dimulainya persiapan pemilihan presiden dan legislatif.

Organisasi Arab menyatakan, pada kesempatan ini, dukungannya untuk semua upaya nasional di mana Libya terlibat untuk mencapai penyelesaian politik terintegrasi dari situasi di negara itu, menyambut dalam hal ini perjanjian yang baru saja disepakati oleh delegasi Dewan Tinggi Negara dan Dewan Perwakilan Rakyat di Mesir mengenai pengaturan konstitusional untuk pemilihan umum.

Delegasi Dewan Tinggi Negara dan Dewan Perwakilan Rakyat Libya sepakat di Bouznika tentang pembentukan dan penunjukan tim kerja kecil untuk mengambil tindakan praktis mengenai pemegang pos kedaulatan.

Tim-tim ini akan memastikan secara khusus pengembangan formulir aplikasi dan mengundang kandidat untuk mempresentasikan berkas mereka yang harus memenuhi kriteria dan ketentuan yang disepakati. (T/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)