Liga Arab: Serangan Israel Terhadap Palestina Jadi Ancaman Seluruh Arab

Liga Arab. (Photo: Wafa)

Kairo, MINA – Dewan menegaskan, tindakan pendudukan atas kejahatan pemindahan paksa rakyat merupakan serangan terhadap keamanan seluruh wilayah Arab. Liga Arab memperingatkan hal ini dapat menyebabkan runtuhnya prospek perdamaian di Timur Tengah, sehingga memperburuk dan memperluas konflik di wilayah tersebut. Demikian dikutip dari Wafa, Jum’at (16/2).

Dewan Liga Arab mengecam agresi pendudukan Israel yang sedang berlangsung terhadap Suriah dan Lebanon. Agresi tersebut mencakup pembunuhan warga sipil dan penghancuran rumah dan infrastruktur, yang melanggar kedaulatan dan integritas wilayah kedua negara, serta hukum internasional.

Liga Arab meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi yang mengikat untuk menghentikan agresi pendudukan Israel dan pemindahan paksa rakyat Palestina.

Resolusi tersebut menyerukan untuk memastikan aliran bantuan kemanusiaan ke seluruh Jalur , menerapkan langkah-langkah sementara yang digariskan oleh Mahkamah Internasional, dan menuntut kepatuhan penuh terhadap semua resolusi Dewan Keamanan yang relevan mengenai masalah Palestina, termasuk Resolusi 2721 dan 2720.

Liga Arab juga menyatakan dukungan terhadap tindakan Mesir, memuji upaya yang diambil Mesir untuk memastikan pengiriman bantuan segera dan berkelanjutan ke wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Selain itu, Dewan menekankan perlunya mendukung Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), dan menyebutnya sebagai tanggung jawab internasional yang harus dipenuhi.(T/imd/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.