Liga Arab Tegaskan Posisinya untuk Akhiri Pendudukan Israel

Kairo, MINA – Liga Arab pada Sabtu (17/10) meegaskan posisinya untuk mendukung langkah mengakhiri pendudukan Israel dan mendirikan negara Palestina dengan Yerusalem sebagai ibukotanya.

“Posisi ini menegaskan satu-satunya cara untuk mewujudkan perdamaian abadi antara Palestina dan Israel,” pernyataan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit usai menerima Menteri Luar Negeri Spanyol, Arnancha Gonzalez, di markas besar Sekretariat Jenderal Liga di Kairo, menurut pernyataan Liga Arab.

Menurut pernyataan tersebut, menteri Spanyol mendengarkan, dari Aboul Gheit, perkembangan terbaru dalam masalah Palestina termasuk posisi Liga Arab, solusi dua negara, mengakhiri pendudukan Israel, dan mendirikan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

“Mengingat bahwa elemen-elemen ini mewakili satu-satunya cara untuk mewujudkan perdamaian abadi antara Palestina dan pendudukan Israel,” katanya seperti disiarkan Al Qud Press..

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang situasi di Libya, dan Gonzalez menegaskan dukungan negaranya untuk upaya Arab yang akan menyelesaikan krisis politik dan keamanan di Libya, dan mendorong partai-partai Libya untuk kembali ke dialog politik inklusif di bawah naungan misi PBB.

Kedua belah pihak juga sepakat menolak intervensi asing, terutama intervensi regional, yang akan melumpuhkan setiap peluang untuk mencapai stabilitas di kawasan, menekankan perlunya mengoordinasikan upaya regional dan internasional untuk mencapai stabilitas di kawasan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)