Liga Arab Tolak Resolusi Kecam Normalisasi UEA-Israel

Kairo, MINA – Para pemimpin memenangkan dukungan baru Saudi untuk negara Palestina tetapi gagal membujuk mengutuk kesepakatan antara dan (UEA).

Liga Arab pada Rabu (9/9) menolak untuk mendukung rancangan resolusi yang diajukan oleh Palestina pada pertemuan para menteri luar negeri Liga Arab untuk mengecam normalisasi Israel-UEA, The Jerussalem Post melaporkan.

“Diskusi mengenai hal ini serius. Itu komprehensif dan memakan waktu. Tapi pada akhirnya tidak mengarah pada kesepakatan tentang rancangan resolusi yang diusulkan oleh pihak Palestina,” Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Hossam Zaki mengatakan kepada wartawan.

Setelah kesepakatan Israel-UEA diumumkan, Otoritas Palestina meminta negara-negara Arab untuk menolak perjanjian tersebut dan mengatakan tidak mengizinkan siapa pun untuk berbicara atas nama mereka.

Menteri Luar Negeri PA Riad Malki, berbicara pada pertemuan para menteri melalui konferensi video, berterima kasih kepada beberapa negara Arab karena tidak bergerak menuju membangun hubungan dengan Israel.

Dia juga menyebut upaya Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penasihat senior AS Jared Kushner untuk memalsukan kesepakatan Israel-UEA sebagai “pemerasan.”

Bulan lalu, Liga Arab juga menolak permintaan PA untuk mengadakan pertemuan darurat membahas kesepakatan tersebut. Palestina telah mengecam normalisasi sebagai “tikaman dari belakang” dan “pengkhianatan terhadap Masjid Al-Aqsa, Yerusalem dan masalah Palestina.”

Liga Arab kemudian mengatakan kesepakatan itu, bersama dengan masalah lainnya, akan dibahas oleh para menteri luar negeri pada pertemuan biasa mereka, yang berlangsung pada Rabu.

Dalam pidatonya, Malki mengatakan beberapa negara Arab telah memotong bantuan keuangan kepada Palestina atas perintah pemerintah AS. Mengacu pada kesepakatan Israel-UEA, dia mengatakan itu “melegalkan normalisasi secara gratis dan menghidupkan kembali ‘Kesepakatan Abad Ini’ yang digagas AS, setelah kami menggagalkannya.”

Malki juga menyatakan, kesepakatan Israel-UEA berarti mengakui Yerusalem yang diduduki sebagai wilayah Israel.” Kesepakatan itu, menurutnya adalah “gempa bumi yang merusak tindakan bersama Arab” dan menempatkan Palestina dalam posisi defensif.

Memperhatikan upacara penandatanganan Israel-UEA akan berlangsung sebentar lagi, Malki mengatakan: “UEA bergerak maju dengan keputusan normalisasi meskipun melanggar Inisiatif Perdamaian Arab dan resolusi KTT Arab. Oleh karena itu, menjadi keharusan bagi kita untuk mengambil sikap menolak langkah ini. Jika tidak, pertemuan kita akan dianggap sebagai berkah atau kolusi dengannya.” (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.