Liga Muslim Dunia Ingin Gelar Dialog Antar Umat Beragama di Indonesia

Jakarta, MINA – Republik Indonesia menerima audiensi Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami () untuk ASEAN dan Australia, Syeikh Abdurachman Alkhayyat.

Perwakilan Liga Muslim Dunia itu menyampaikan keinginannya menggelar dialog antar umat beragama di Indonesia.

“Kita tahu Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang beragam agama, dengan mayoritas muslimnya. Dan di Indonesia semua berjalan aman dan damai. Karena itu kami ingin membuat dialog antar umat beragama yang dilaksanakan di Indonesia,” kata Syeikh Abdurachman kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (22/6).

Syeikh Abdurachman berharap, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama dapat mendukung dan memberi arahan terkait rencana tersebut.

Menteri Agama menyambut baik niat Liga Muslim Dunia  untuk menggelar dialog antar umat beragama di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan apa yang sedang Kementerian Agama perjuangkan terkait penguatan moderasi beragama.

“Kami sangat senang sekali dengan niatan ini. Islam memang harus menunjukkan wajah damainya, karena memang itulah wajah Islam sesungguhnya, dan inilah momentum yang baik yang bisa kita sampaikan pada acara tersebut,” ujarnya.

Yaqut juga mengatakan, apa yang diperjuangkan Liga Muslim Dunia pada dasarnya sejalan dengan program Kementerian Agama agar Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia menjadi agama yang memberikan kasih sayang kepada seluruh alam tanpa mendiskreditkan agama lainnya.

Menurutnya, acara itu juga sangat relevan seiring keberadaan Indonesia yang saat ini menjadi tuan rumah G20. Puncak acara G20 akan berlangsung pada Oktober mendatang.  Ia berharap kegiatan itu dapat dilaksanakan dan menjadi rangkaian G20.

Mendapat sambutan baik, Syeikh Abdurachman  Alkhayyat mengungkapkan terima kasih dan akan menyampaikannya kepada Sekjen Liga Muslim Dunia.

“Saya senang sekali mendapatkan lampu hijau. Saya akan pastikan sekjen Liga Muslim dunia akan hadir,” ungkapnya.

Ia yakin, Indonesia merupakan negara yang mampu menjadi contoh bagi negara lain tentang penerapan toleransi dalam keberagaman. (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)