Liga Universitas Islam Dunia Sambut Baik “Deklarasi Makkah” OKI

Kairo, MINA – Liga Universitas Islam memberikan pernyataan sikapnya menyambut baik atas pengesahan “Deklarasi Makkah” oleh Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Liga tersebut mendukung deklarasi tersebut diterbitkan di institusi agama, pendidikan dan budaya di seluruh dunia Islam, Kantor Berita OKI menalporkannya yang dikutip MINA, Selasa (5/1).

Pernyataan liga tersebut mengatakan bahwa keputusan Dewan Menlu OKI menegaskan keabsahan piagam bersejarah ini, ditandatangani dan didukung oleh 1.200 mufti dan 4.500 cendekiawan Muslim yang mewakili mazhab berbeda di bawah payung Liga Dunia Muslim (MWL) dan perlindungan dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman.

Sekretaris Jenderal Liga Universitas Islam Dr. Osama Al-Abed menyambut baik langkah baru ini untuk mempromosikan toleransi, kerja sama, hidup berdampingan secara damai, dan keamanan di antara orang-orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Al-Abed mencatat upaya MWL yang menyoroti moderasi Islam dan menunjukkan kebenarannya ke seluruh dunia, berdasarkan nilai-nilai perdamaian, persaudaraan, toleransi, dan memerangi ekstremisme dan terorisme.

Pernyataan itu menambahkan, piagam tersebut mendukung nilai-nilai kemanusiaan Islam, termasuk toleransi, pemahaman dan kerja sama antar masyarakat dan negara dan kebutuhan untuk menghormati keragaman dan perbedaan.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)